Baby Anda enggan mengunyah ?

by .

Anak usia 2,5 tahun seharusnya sudah dapat makan padat dengan benar, artinya makan tersebut dikunyah terlebih dahulu kemudian ditelan. Makan merupakan suatu proses belajar yang dimulai sejak masa bayi. Karena makanan dikenalkan secara bertahap, baik kekentalan maupun frekuensinya. Selain itu anak tidak boleh diajarkan makan dengan paksaan. Bila ia hanya mampu mengunyah makanan beberapa suap, pemberian makan sebaiknya diberikan dengan frekuensi lebih banyak.

Namun kadang orangtua merasa tidak mau sabar, sehingga bila melihat anaknya tidak mau makan anak langsung dipaksa sehingga menimbulkan trauma dan membuat anak tidak mau makan. Atau orangtua kadang langsung memberi susu setiap kali anaknya lapar, sehingga anak tidak pernah belajar mengunyah.

Pengalaman klinis di Picky Eaters Clinic Jakarta didapatkan sekitar 30% anak yang mengalami gangguan proses makan di mulut atau gangguan oral motor. Gangguan oral motor atau pergerakan motorik mulut ini akan mengakibatkan gangguan mengunyah dan menelan. Tampilan klinis yang terjadi adalah mengalami kesulitan dalam makan bahan makanan yang berserat atau bertekstur kasar seperti sayur atau daging sapi (empal).

Gangguan koordinasi motorik mulut ini juga mengakibatkan kejadian tergigit sendiri bagian bibir atau lidah secara tidak sengaja. Kelainan lain yang berkaitan dengan koordinasi motorik mulut adalah keterlambatan bicara dan gangguan bicara (cadel, gagap, bicara terlalu cepat sehingga sulit dimengerti).
Gangguan proses makan di mulut sering disertai gangguan kesulitan makan seperti ;

  • Memuntahkan atau menyembur-nyemburkan makanan yang sudah masuk di mulut anak,
  • Makan berlama-lama dan memainkan makanan.
  • Sama sekali tidak mau memasukkan makanan ke dalam mulut atau menutup mulut rapat,
  • Memuntahkan atau menumpahkan makanan, menepis suapan dari orangtua,
  • Tidak menyukai banyak variasi makanan atau suka pilih-pilih makan

Gangguan oral motor biasanya disertai¬† gangguan keseimbangan dan motorik kasar lainnya seperti tidak mengalami proses perkembangan normal seperti duduk, merangkak dan berdiri. Sehingga terlambat bolak-balik (normal usia 4 bulan), terlambat duduk merangkak (normal 6-8 bulan) atau tidak merangkak tetapi langsung berjalan, keterlambatan kemampuan mengayuh sepeda (normal usia 2,5 tahun), jalan jinjit, duduk bersimpuh leter “W”. Bila berjalan selalu cepat, terburu-buru seperti berlari, sering jatuh atau menabrak, sehingga sering terlambat berjalan.

Begitu banyak resiko buruk yang terjadi jika anak anda mengalami gangguan oral motor yang seharusnya bisa di minimalisir dengan menlatihnya sejak masih bayi.

Coba ibu muda perhatikan bayi suka memasukkan benda apa saja kedalam mulutnya?. Penelitian para ahli menunjukkan bahwa bayi sejak dini perlu belajar menggigit menggunakan gusi, bukan cuma mengulum dan menyedot, hal ini baik untuk mempersiapkannya belajar mengunyah solid food saat gigi susunya mulai tumbuh, juga menstimulasi gerakan aktif otot rahangnya, agar gerakan motorik mulutnya terlatih dan berfungsi dengan baik, ingat kita sering mendapati bayi yang sudah besar tetapi masih malas mengunyah makanan, hal ini terjadi karena gangguan oral motor atau motorik mulutnya tidak difungsinya secara maksimal atau sebagaimana seharusnya

Freezies Terry Teether  ini justru dibuat untuk menstimulasi gerakan aktif otot rahangnya, Pergerakan motorik juga melatih koordinasi gerakan menggigit, mengunyah dan menelan dilakukan oleh otot di rahang atas dan bawah, bibir, lidah dan banyak otot lainnya di sekitar mulut.. Terbuat dari 100% natural cotton terry yg lembut aman dan nyaman bagi gusi bayi, bebas dari penggunaan bahan berbahaya BPA, Latex dan PVC.
Cara pemakaian :
Siram Freezies Terry Teether ini dengan air minum, peras air yg berlebih, lalu dinginkan di freezer selama 30-60 menit. Cairan yang ada dibagian dalam akan membeku menjadi seperti kerak salju halus, crunchy dan dingin nyaman bagi gusi sang bayi saat digigit2 olehnya.

Untuk memesan product ini mom bisa berkunjung Disini

Teething Feeder ini juga sangat bagus untuk stimulasi oral motor bayi anda, alat ini juga sangat cocok untuk perkembangan kognitif bayi, karena mereka akan menemukan rasa dan tekstur baru yang dengan demikian bayi anda akan makin giat melatih gerakan rahangnya.. Product ini juga akan mengurangi resiko bayi Anda tersedak sehingga Anda tidak lagi merasa khawatir saat buah hati Anda mulai menikmati kekayaan rasa dari apel, stroberi, pisang dan banyak lagi makanan solid lain.

Feeding teether (mainan untuk digigit) bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi di usia 0-12 bulan. Saat itu gigi susunya mulai tumbuh dan gusinya terasa gatal serta nyeri akibat gigi mendesak jaringan gusi. Namun rasa nyeri tersebut bukan karena gusi terluka oleh gigi, melainkan karena ada sel-sel di gusi yang mati dan memisahkan diri agar gigi dapat muncul keluar. Dengan menggigit Teething feeder ini maka rasa gatal itu akan hilang karena bayi merasa nyaman tatkala menggigitnya bahkan akan membuat bayi lebih bersemangat untuk terus mengigit.

Cara Perawatan :

Bersihkan dengan seksama sebelum digunakan pertama, Cuci dalam air sabun hangat dan bilas, Jangan gunakan deterjen abrasive, Simpan di tempat yang bersih dan kering jauh dari sinar matahari langsung, Makanan tertentu dapat menyebabkan kantong mesh untuk menghitamkan. Perubahan warna tidak akan mempengaruhi kinerja perangsang pertumbuhan gigi ini.

Untuk memesan product ini mom bisa berkunjung Disini

Comments are closed.